Kamis, 10 November 2011

Sumpah Palapa vs Sumpah Pemuda

Perbedaan :
Sumpah Palapa pada saat diwujudkan menggunakan kekerasan karna saat itu patihnya Gajahmada memiliki kekuasaan untuk mewujudkannya, berbeda dengan Sumpah Pemuda yang pada saat itu sedang dalam masa penjajahan oleh kolonial Belanda.
Ruang lingkup penyebaran Sumpah Palapa hanya sebatas pulau jawa saja, tidak seperti Sumpah Pemuda yang memiliki cangkupan wilayah yang luas untuk menyebarkan Sumpah Pemuda itu sendiri karena adanya keinginan para pemuda yang sudah muak atas perlakuan bangsa Belanda atas penjajahannya pada bangsa Indonesia.
Ide pemikiran Sumpah Palapa hanya dari daerah kalangan Majapahit saja, berbeda dengan Sumpah Pemuda yang ide nya dicetuskan atas dasar kebangsaan dan dari berbagai kelompok yang ada di Indonesia.

Persamaan :
Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda memiliki tujuan yang sama yaitu menyatukan dan mempersatukan. Seperti isi dari Sumpah Palapa yang berbunyi :

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, TaƱjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".

Yang berarti :

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Demikian juga dengan isi Sumpah Pemuda yang berbunyi :

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian persamaan dari Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda adalah Persatuan dan Kesatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar