Pembelian
merupakan salah satu bagian dari transaksi ekonomi. Menurut Bodnar dan Hopwood
(2001:323) Pembelian adalah proses bisnis dalam memilih sumber daya-sumber
daya, pemesanan dan perolehan barang atau jasa. Pembelian dapat juga dikatakan
sebagai pengadaan barang. Pembelian mempunyai dua maksud yaitu dapat untuk
dikonsumsi sendiri atau pembelian dilakukan untuk dilakukan penjualan kembali.
Dalam proses pembelian untuk konsumsi pribadi terdapat beberapa pihak yang
terlibat yaitu:
- Produsen sebagai pembuat barang
- Distributor sebagai penyalur
- Konsumen sebagai pembeli (tujuan akhir)
Ketiganya
saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa terjadi pembelian atau jual
beli. Sekarang jika kita melihat pembelian dalam hal untuk perusahaan atau
untuk berbisnis.
Jenis-jenis
Pembelian
Menurut sifat Manulang
pembelian Dibagi dalam tiga macam pembelian, yaitu:
1) Hand-To-Mouth Buying (Pembelian
yang Teratur)
Yaitu pembelian yang
didasarkan atas besarnya kebutuhan sekarang. Maksudnya adalah untuk mencegah
kerugian/keburukan yang diakibatkan oleh adanya persediaan bahan yang berlebih
di gudang dan penggunaan modal dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.
2) Speculative Purchasing (Pembelian
Spekulatif)
Yaitu pembelian yang
tidak didasarkan karena perlunya bahan itu dipergunakan dalam proses produksi
sekarang, tetapi didasarkan karena suatu motif untuk mendapatkan keuntungan
akan naiknya harga bahan pada waktu yang akan datang.
3) Forward Buying (Pembelian
Sebelumnya)
Yaitu pembelian untuk
memenuhi tersedianya bahan mentah secara continue agar perusahaan tidak sampai
terganggu aktivitasnya karena tidak tersedianya bahan baku pada waktunya.
Proses pembuatan
keputusan ini merupakan inti dari setiap masalah yang di hadapi oleh dunia
bisnis. Bagian ini secara singkat membahas langkah – langkah pengambilan
keputusan dalam dunia bisnis (lihat Samuelson & Marks, 1992). Secara umum
proses pengambilan keputusan dibagi menjadi 6 langkah yaitu pembatasan masalah,
penentuan tujuan, pencarian alternative, peramalan dampak, penentuan pilihan,
dan penggunaan analisis sensivitas.
Sumber :
http://agraameilia.wordpress.com/2011/11/06/pembelian/
http://irfiii.blogspot.com/2012/11/pembelian.html
Makasih kak informasinya membantu
BalasHapus