Minggu, 11 November 2012

Pembelian


Pembelian merupakan salah satu bagian dari transaksi ekonomi. Menurut Bodnar dan Hopwood (2001:323) Pembelian adalah proses bisnis dalam memilih sumber daya-sumber daya, pemesanan dan perolehan barang atau jasa. Pembelian dapat juga dikatakan sebagai pengadaan barang. Pembelian mempunyai dua maksud yaitu dapat untuk dikonsumsi sendiri atau pembelian dilakukan untuk dilakukan penjualan kembali. Dalam proses pembelian untuk konsumsi pribadi terdapat beberapa pihak yang terlibat yaitu:

  • Produsen sebagai pembuat barang
  • Distributor sebagai penyalur
  • Konsumen sebagai pembeli (tujuan akhir)

Ketiganya saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa terjadi pembelian atau jual beli. Sekarang jika kita melihat pembelian dalam hal untuk perusahaan atau untuk berbisnis. 

Jenis-jenis Pembelian
Menurut sifat Manulang pembelian Dibagi dalam tiga macam pembelian, yaitu:
1) Hand-To-Mouth Buying (Pembelian yang Teratur)
Yaitu pembelian yang didasarkan atas besarnya kebutuhan sekarang. Maksudnya adalah untuk mencegah kerugian/keburukan yang diakibatkan oleh adanya persediaan bahan yang berlebih di gudang dan penggunaan modal dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.
2) Speculative Purchasing (Pembelian Spekulatif)
Yaitu pembelian yang tidak didasarkan karena perlunya bahan itu dipergunakan dalam proses produksi sekarang, tetapi didasarkan karena suatu motif untuk mendapatkan keuntungan akan naiknya harga bahan pada waktu yang akan datang.
3) Forward Buying (Pembelian Sebelumnya)
Yaitu pembelian untuk memenuhi tersedianya bahan mentah secara continue agar perusahaan tidak sampai terganggu aktivitasnya karena tidak tersedianya bahan baku pada waktunya.
Proses pembuatan keputusan ini merupakan inti dari setiap masalah yang di hadapi oleh dunia bisnis. Bagian ini secara singkat membahas langkah – langkah pengambilan keputusan dalam dunia bisnis (lihat Samuelson & Marks, 1992). Secara umum proses pengambilan keputusan dibagi menjadi 6 langkah yaitu pembatasan masalah, penentuan tujuan, pencarian alternative, peramalan dampak, penentuan pilihan, dan penggunaan analisis sensivitas.

Sumber :
http://agraameilia.wordpress.com/2011/11/06/pembelian/
http://irfiii.blogspot.com/2012/11/pembelian.html

1 komentar: