Sumber daya ekonomi pada dasarnya diartikan sebagai sesuatu sumber daya
yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam maupun sumber daya
manusia yang dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai modal dasar
pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara
struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan
energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan
dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak
dapat diperbarui. sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui (non-renewable or
exhaustible resources). Jenis sumberdaya ini pada dasarnya meliputi sumberdaya
alam yang mensuplai energi seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta
mineral yang non energi seperti misalnya : tembaga, nikel,aluminium,dll.
Sumberdaya alam jenis ini adalah sumberdaya alam dalam jumlah yang tetap berupa
deposit mineral (mineral deposits) diberbagai tempat dimuka bumi. Sumberdaya
alam jenis ini bisa habis baik karena sifatnya yang tidak bisa diganti oleh
proses alam maupun karena proses penggantian alamiahnya berjalan lebih lamban
dari jumlah pemanfaatannya. sumberdaya alam yang potensial untuk diperbarui
(potentially renewable resources).
Pengetahuan
Konsumen adalah semua informasi mengenai berbagai produk, serta pengetahuan
lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai
konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian. Pengetahuan akan produk
merupakan kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Dari pengetahuan
yang dimiliki ini konsumen akan tertarik pada produk yang memang diminati.
Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut
atau fitur merek produk, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.
Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi
toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana
letak produk di dalam toko tsb. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk
berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari lokasi produk.
Sumber :
http://yesamartha.blogspot.com/2012/10/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2012/10/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Sumber :
http://yesamartha.blogspot.com/2012/10/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2012/10/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar