Jumat, 25 Maret 2011

Bahaya Karbon Dioksida

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata “Global Warming”. Tapi, apakah anda tahu penyebab Global Warming itu? Penyebab Global Warming salah satunya adalah Karbon Dioksida yang tinggi. Karbon Dioksida atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terkait secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperature dan tekanan standard an hadir di atmosfer bumi.
Karbon Dioksida dihasilkan oleh semua mahluk hidup, yaitu manusia, hewan,  hasil pembakaran bahan bakar fosil (bensin), gunung berapi, dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas. Namun sebaliknya dilakukan oleh tumbuhan, yang memakai gas Karbon Dioksida pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, tumbuhan mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan permasalahan Global Warming.
Dizaman serba maju ini semua Negara berbondong-bondong untuk menjadi Negara industrial, hal ini menyebabkan bertambahnya gas Karbon Dioksida tersebut. Berikut adalah Negara-negara yang mempunyai kadar Karbon Dioksida tertinggi di dunia :
China (6.534 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Amerika serikat (5.833 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Russia (1.729 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
India (1.495 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Jepang (1.214 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Jerman (829 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Kanada (574 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Inggris (572 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Kor-Sel (542 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)
Iran (511 Juta Ton Metrik Karbon Dioksida)

Bayangkan itu hanya 10 negara saja, bagaimana bila seluruh Negara berubah menuju negara industrial? Maka anda bernafas pun harus membayar. Gas Karbon Dioksida ini sangat berbahaya bagi manusia karna jika terlalu banyak dihirup maka akan menyebabkan asma, bronchitis, dan radang paru-paru. Untuk dampak kepada hewan laut adalah matinya plankton, dan menyebabkan rusaknya rantai makanan yang ada di laut.
Untuk meredakan peredaran gas tersebut kita sebagai warga dunia harusnya melestarikan pohon dan tumbuhan lainnya, dan bukannya malah menebang pepohonan yang dapat menyerapa gas Karbon Dioksida tersebut. Untuk itu mari kita lestarikan bumi kita dari kehancuran dan katakana “Stop Global Warming”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar