Minggu, 27 Maret 2011

Car Free Day

Jakarta adalah ibukota Indonesia, kota yang berada di kiri pulau jawa itu adalah kota yang penuh sekali dengan aktivitas, mulai dari pekerjaan, pendidikan, bahkan perdagangan. Kota yang di padati oleh 9 juta penduduk itu kini tidak lagi nyaman untuk ditempati, karna banyaknya aktivitas kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi dimana-mana. Karna sering banyaknya polusi di daerah Jakarta, kini pemkot kota Jakarta memberlakukan “Car Free Day” untuk akhir pekan.
Apa itu Car free day? Car free day adalah hari dimana jalan yang sering dipadati oleh kendaraan bermotor tidak lagi bisa dilewati lagi oleh kendaraan seperti angkutan umum, mobil, dan motor. Karna Car free day berarti hari bebas kendaraan. Hal inilah yang dipergunakan warga Jakarta untuk menikmati jalan yang biasanya hanya dinikmati kendaraan saja. Disini kita dapat bersepeda, berjalan, berlari, bahkan bertiduran dijalan protocol tersebut dengan santai, karena tidak ada satupun kendaraan yang boleh lewat sama sekali, dan jalan tersebut ditutup oleh polisi yang berjaga di area tersebut.
Car free day adalah bentuk apresisi pemkot kota Jakarta dalam mengurangi polusi, hal ini merupakan contoh baik untuk mengurangi polusi dan mengurang dampak Global Warming. Seperti yang kalian ketahui Global Warming adalah salah satu bentuk dari hancurnya ekosistem yang ada di bumi, global warming dapat menyebabkan melelehnya es di daerah antartika dan dapat menyebabkan volume air bumi menaik yang kemudian terjadi pendangkalan daratan yang ada dibumi ini.
Gerakan Car free day ini dilakukan 2 kali sebulan, yaitu hari minggu pada minggu kedua, dan hari minggu pada akhir bulan. Dengan 2 kali sebulan itu dirasa kurang untuk mengurangi polusi-polusi yang tiap harinya selalu banyak sekali polusi-polusi yang betambah.
Car free day tidak hanya event untuk mengurangi polusi, tetapi car free day juga banyak yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melestarikan budaya, dengan bersepeda dengan sepeda ontel dan berbaju batik, dan juga menambah kegiatan baru seperti sepeda fixie contohnya. Untuk warga Jakarta hendaknya kita melestarikan kegiatan yang bermanfaat ini, karna dengan mengisi hidup anda dengan kegiatan bermanfaat anda akan menikmati hidup dengan indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar